WISATA LAMPUNG

WISATA LAMPUNG
WISATA LAMPUNG

Kamis, 22 Januari 2015

Transportasi ke Lampung

Banyak jalan menuju Lampung!
Tinggal pilih mau yang asal nyampe, cepat sampai atau nyaman.

- Kapal:
Pelabuhan Merak, Banten – Pelabuhan Bakauheni, Lampung tersedia kapal cepat dan kapal fery.
Di Merak, kapal cepat ke Bakauheni hanya berlayar antara pukul 06.00 atau 06.30 hingga pukul 17.00 atau 17.30 dengan lama berlayar 40-45 menit.
Jika menggunakan kapal ferry sekitar 2–3 Jam.

- Bus:
Terminal Kalideres atau Terminal Kampung Rambutan – Pelabuhan Merak (Bus Ekonomi), lama perjalanan 1.5 jam.
Selain bus yang melayani Jakarta – Merak, bus DAMRI juga melayani perjalanan ke Lampung dengan tarif bervariasi tergantung fasilitasnya.
DAMRI Gambir – Bandar lampung: Berangkat jam 8.00 – 10.00 dan 20.00 – 22.00.
Pool Damri berada di dekat mushola/Dunkin Donut Stasiun Gambir.
DAMRI Bogor – Bandar lampung: Berangkat jam 19.00, tarif: Rp. 160.000,-.
Pool Damri berada di dekat Botani Square bersama dengan Damri tujuan Bandara Soekarno Hatta.

Travel juga banyak tersedia, jadwal biasanya start jam 8-10 pagi dan 8-10 malam tergantung area jemputan.

– Pesawat
Beberapa maskapai penerbangan seperti Sriwijaya, Batavia dan Garuda melayani penerbangan Soeta, Cengkareng – Raden Inten, Tanjung Karang – Lampung. Lama perjalanan hanya 45 menit.


Transportasi selama di Lampung (Source: wikipedia):
Trayek Angkutan Kota (Angkot) di Bandar Lampung: Tanjung Karang – Rajabasa berwarna biru muda. Tanjung Karang – Way Kandis (ada juga yang bertujuan ke kompleks KORPRI Sukarame) berwarna kuning muda/krem. Tanjung Karang – Permata Biru Sukarame berwarna abu-abu – hijau. Tanjung Karang – Kemiling berwarna merah. Tanjung Karang – Teluk Betung berwarna ungu. Tanjung Karang – Garuntang berwarna hijau Rajabasa – Kemiling berwarna kuning tua. Rajabasa – Natar (angkot perbatasan) berwarna coklat Bus Rapid Transit (Trans Bandar Lampung): BRT ini mulai beroperasi pada tanggal 14 November 2011. Trayek Trans Bandar Lampung: Kompleks KORPRI Sukarame – Sukaraja. Rajabasa – Sukaraja. Kemiling – Sukaraja. Ir Sutami – Tanjung Karang. Citra Garden – Panjang. Citra Garden – Rajabasa. Rajabasa – Panjang Trayek yang dilayani oleh DAMRI: Tanjung Karang – Kompleks KORPRI Sukarame. Tanjung Karang – Rajabasa. Tanjung Karang – Sukaraja. Transportasi menuju Taman Nasional Way Kambas: Bandar Lampung – Metro – Labuhan Ratu, menggunakan mobil +/- 2 jam. Pelabuhan Bakauheni – Labuan Meringgai – Way Kambas, menggunakan mobil + 2 jam. (via Jalan Lintas Timur Lampung – Bakauheni) Transportasi menuju Pulau Sebesi – Krakatau: Bandar Lampung (Terminal Bus Rajabasa / terminal Panjang) – Kalianda, naik bus sekitar 1 jam. Pelabuhan Bakauheni – Kalianda, naik bus kota sekitar 45 menit. Atau langsung carter angkot warna kuning. Kalianda – Dermaga Canti, angkutan umum 10-15 menit. Dermaga Desa Canti – Pulau Sebesi, menggunakan kapal kapal reguler dari Pulau Sebesi ke Dermaga Canti pada pukul 07.00 Wib setiap harinya dan dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi pada pukul 13.00 Wib setiap harinya.Lama perjalanan sekitar 1.5 – 2 jam. Sewa Kapal 2 hari (Rute Sebuku – Sebesi – Krakatau – Sebesi – Dermaga Canti) bisa untuk 20. Selain dari Pulau Sebesi di Lampung Selatan, kawasan cagar alam Krakatau dapat juga dicapai dari kawasan pantai Carita di Propinsi Banten. Transportasi menuju Teluk Kiluan: Siapkan mobil yang bagus dan stamina yang bagus juga untuk melibas jalanan yang katanya hampir separo perjalanan hancur. Pengalaman saya dan beberapa temen yang ke Lampung, sopir di sini adalah mantan-mantan pembalap F1, yang di depan deg-degan liat jalanan di depan yang di belakang badan pegal-pegal karena kebentur-bentur. Transportasi umum hanya sampai di Padang Cermin. Dari Padang Cermin ke Kiluan menggunakan jasa Ojek. Lokasi Teluk Kiluan: Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Jarak tempuh : ±80 Km dari Kota Bandar Lampung (±3 – 4Jam) Penyebrangan dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan, perjalanan sekitar 15 menit. Kapal jungkung kecil untuk melihat lumba-lumba. Transportasi menuju Pulau Pahawang: Bandar Lampung (Terminal Bus Rajabasa naik angkutan menuju Dermaga Ketapang yang terletak di Kecamatan Padangcermin, Pesawaran (+/-35 km) Dermaga Ketapang – Pulau Pahawang naik perahu. Jarak tempuh sekitar 45 – 60 menit.

Tidak ada komentar: